Mengenali 3 Jenis material yang digunakan pada shuttlecock dan penjelasan mengenai angka speed pada shuttlecock

Umumnya terdapat 3 jenis material bulu yang digunakan pada shuttlecock. Pertama yaitu bulu angsa yang biasanya digunakan saat pertandingan resmi. Kedua, bulu bebek yang merupakan produk pengganti bulu angsa karena memiliki tekstur yang mirip dengan bulu angsa tetapi dengan biaya produksi rendah. Terakhir ada yang berbahan nilon yang berharga murah dan ringan.

Sedangkan untuk material kepala kok ada yang bermaterial gabus alami. Tipe ini berkualitas tinggi, nyaman, dan lebih mudah dimainkan. Ada pula yang berbahan gabus sintetis yang dibuat mirip dengan gabus alami. Terakhir, compressed cork yang adalah perpaduan antara gabus bahan alami dan sintetis.

Berikut dibawah tabel angka speed pada shuttlecock :

Nomor speed yang digunakan disetiap negara berbeda-beda tergantung pada iklim dan musim di negara tersebut. Contohnya, di China umumnya menggunakan shuttlecock dengan speed 76 saat musim panas dan 77 saat musim gugur.

Indonesia yang beriklim tropis juga sama dengan dua nomor tersebut. Untuk negara yang didominasi musim dingin, nomor 78 dan 79 banyak dipilih. Sedangkan daerah berdataran tinggi menggunakan 73 dan 74.