Posted on Leave a comment

Peraturan dalam permainan bulutangkis Putra dan Ganda tahun ini

Peraturan Bulutangkis

Peraturan dalam permainan bulutangkis Putra dan Ganda tahun ini terbaru adalah sebagai berikut :

1. Keseluruhan shuttlecock harus di bawah 1,15 meter dari permukaan lapangan pada saat dipukul oleh raket menurut info BWF.

2. Kini, direncanakan, sistem perolehan skor adalah 5×11 reli; ada lima gim dengan skor hanya sampai 11 saja. Titik finis pada mekanisme baru ini adalah 15. Maksudnya, bila terjadi deuce di angka 10-10, maka poin terakhir pada pertandingan tersebut adalah 15.

9 Aturan Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui

1. Pelemparan koin

Aturan di bulu tangkis menyatakan bahwa pelemparan koin harus dilakukan sebelum permainan dimulai. Jika kamu menang, kamu bisa memilih antara serve pertama atau untuk memilih sisi dari lapangan. Musuhmu bisa mendapat pilihan lain yang tersisa.

2. Sistem penilaian

Aturan di bulu tangkis menyatakan bahwa pertandingan bulu tangkis terdiri dari best 3. Belakangan ini BWF sudah mencoba untuk format penilaian baru menjadi 21 poin per permainan di semua kompetisi major dan memutuskan untuk mengganti format yang lama secara permanen.

3. Perpindahan tempat

Aturan bulu tangkis menyatakan bahwa jika kau harus berpindah tempat dengan lawanmu setelah menyelesaikan permainan pertama. Jika permainan ketiga harus dimainkan, kau bisa berpindah tempat saat skor memimpin. 

Berikut ini penjelasannya berdasarkan kategori permainan:

  • Peraturan badminton – Tunggal

Serve dan menerima

Kau bisa serve dari, dan menerima di, lapangan servis kanan saat kau atau lawanmu sudah mendapat skor genap di permainan itu. Sebaliknya, jika kau atau lawanmu sudah mendapat skor ganjil, serve dan penerimaan dilakukan di lapangan sebelah kiri. Ini memamng agak sedikit membingungkan.

Penilaian dan servis

Kamu mencetak poin dan serve lagi dari lapangan servis yang berbeda saat lawanmu membuat ‘fault’ atau kok sudah tidak bisa dimainkan karena menyentuh sisi lawan.

Tidak ada poin yang didapat saat kamu membuat ‘fault’ atau kok tidak bisa dimainkan karena menyentuh sisi lawan. Serve diberikan ke lawanmu. Namun, saya tak yakin kapan peraturan ini diubah, yang membuat ‘fault’ akan memberikan poin kepada lawan. Jadi terkadang ‘fault’ bisa menguntungkan.

  • Peraturan bulu tangkis – ganda

Di awal permainan, setiap kali sisi mendapat hak untuk servis, Servis harus dilakukan di sisi kanan. Hanya musuh yang berdiri secara diagonal yang boleh mengambil servis tersebut.

Jika lawan mu menyentuh atau memukul kok, menjadi ‘fault’ dan sisimu mendapat poin.

Setelah servis di kembalikan, kau atau rekanmu bisa memukul koknya dari posisi mana saja dari net. Lalu kedua pemain dari sisi yang berlawanan boleh lakukan hal yang sama, dan seterusnya, sampai kok tidak bisa dimainkan lagi.

Penilaian dan Servis

Di permainan mana pun, serve yang benar secara konsekutif dari server ke penerima, lalu dari rekan penerima, lalu ke lawan yang serve dari kanan, lalu ke rekannya, dan seterusnya.

Kau tidak boleh salah serve, salah menerima, atau menerima dua servis berturut-turut, kecuali error dan ‘lets’

4. Error servis

Error servis terjadi saat pemain salah serve, Serve dari servis salah atau servis di sisi yang salah saat bersiap-siap untuk menerima servisnya dan sudah diservis.

Jika kedua sisi melakukan error, akan ada ‘lets’. Apabila salah satu sisi melakukan error dan memenangkan putaran, akan ada ‘lets’. Tapi, jika salah satu melakukan error dan kalah di putaran tersebut, error tidak bisa dibenarkan.

‘lets’  ada karena servis error, reli dimainkan ulang dengan error yang dibenarkan. Jika servis error tidak dibenarkan, permainan akan dilanjutkan tanpa mengganti lapangan servis.

5. Fault (kesalahan)

Berikut beberapa hal yang termasuk ‘fault’ pada bulu tangkis:

  • Jika kok jatuh di luar lapangan, bergerak di bawah net, gagal untuk melewati net, menyentuh langit-langit atau dinding, menyentuh orang atau pakaian pemain atau menyentuh barang lain.
  • Jika titik kena kok bukan di sisi striker.(Striker mengikuti kok melewati net dari pukulahnnya).
  • Jika pemain menyentuh net atau penyangganya dengan raket, orang atau pakaian, masuk kedalam lapangan lawan melewati net dengan raket, atau orang kecuali diberi izin.
  • Jika pemain masuk ke sisi lawan dari bawah net dengan raket, orang seperti lawan yang terganggu atau mengganggu lawan, yang membuat lawan menjadi memukul tidak benar dimana kok diikuti melewati net.
  • Jika pemain dengan sengaja mengganggu lawan seperti berteriak atau membuat gestur tubuh.
  • Jika kok ditangkap dan ditahan di raket lalu diayunkan kembali saat melakukan pukulan.
  • Jika kok dipukul dua kali oleh orang yang sama dengan dua pukulan.
  • Jika kok dipukul oleh pemain dan rekan pemain dengan berhasil atau menyentuh raket pemain dan dilanjutkan ke belakang lapangan pemain.
  • Jika pemain bersalah atas menyolok, berulang atau tetap tidak menaati peraturan dari permainan berlanjut, atau penalti.
  • Jika, saat servis, kok tertangkap net dan tetap berada di atas net, atau saat servis, setelah melewati net dan tertangkap net.

6. Lets

‘lets’ dipanggil oleh wasit, atau oleh pemain (kalau tidak ada wasit), untuk menghentikan permainan sementara.

‘lets’ boleh diberikan untuk kecelakaan yang tidak terlihat. 

Peraturan bulu tangkis mempertimbangkan hal-hal berikut atas ‘lets’:

  • Jika kok ditangkap net dan dan tetap berada di atas net, atau setelah melewati net dan tertangkap net, akan menjai ‘lets’ kecuali karna servis.
  • Jika saat servis, penerima dan pemain serve keduanya melakukan fault di saat yang sama, akan menjadi ‘lets’
  • Jika pemain serve servis sebelum penerima siap, akan menjadi ‘lets’
  • Jika saat permainan, kok rusak dan dasarnya pisah dengan koknya, akan menjadi ‘lets’
  • Jika hakim garis dan wasit tidak bisa mengambil keputusan, akan menjadi ‘lets’ 
  • ‘Lets’ bisa terjadi mengikuti error servis. Saat ‘lets’ terjadi, permainan semenjak servis terakhir tidak dihitung dan pemaiin yang serve harus serve lagi, kecuali situasinya dimana peraturan error servis berlaku.

7. Kok tidak dapat dimainkan

  • Kok tidak dapat dimainkan saat kok berada di net atau di atas net.
  • Kok tidak dapat dimainkan saat menghantam net atau tiang dan jatuh ke sisi striker.
  • Kok tidak dapat dimainkan saat mengenai permukaan lapangan atau ‘fault’ atau ‘lets’ terjadi.

8. Penalti

Permainan harus berlanjut dari servis pertama sampai permainan selesai, kecuali interval yang diperbolehkan tidak melebihi 90 detik antara permainan pertama dan kedua, dan tidak melebihi 5 menit antara permainan kedua dan ketiga.

9. Resmi dan banding

Wasit dalam kuasa penuh di turnamen. Wasit, saat ditunjuk, akan berkuasa di pertandingan, lapangan, dan sekitarnya. Hakim servis harus memanggil fault saat terjadi error. Hakim garis harus memutuskan bahwa kok ‘ini’ atau ‘out’ di garis yang ditunjukkan ke mereka. Keputusan resmi dan final di semua poin yang mana yang resmi bertanggung jawab.